Minggu, 06 Januari 2013

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gizi Ibu Hamil


2.1.1        Faktor – faktor yang Mempengaruhi Gizi Ibu Hamil
Gizi ibu hamil dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya usia, penyakit penyerta dalam kehamilan, aktifitas/pekerjaan, keadaan ekonomi, dan pengetahuan tentang gizi selama kehamilan. (2, 11, 17, 18, 24)
1.    Usia
Usia seorang ibu berkaitan dengan perkembangan alat-alat reproduksinya. Usia reproduksi yang sehat dan aman adalah 20-35 tahun. Kehamilan kurang dari 20 tahun secara biologi belum optimal, emosinya cenderung labil, mentalnya belum matang sehingga mudah mengalami keguncangan yang mengakibatkan kurangnya perhatian terhadap pemenuhuan kebutuhan zat-zat gizi selama kehamilan. Sedangkan kehamilan pada usia lebih dari 35 tahun terkait dengan kemunduran fungsi organ yang menyebabkan harus bekerja maksimal sehingga memerlukan tambahan energy yang cukup selain itu juga terkait penurunan daya tahan tubuh serta berbagai penyakit. (Wibowo dan Basuki, 2006) ((2, 18, 24)
Berdasarkan Riskesdas 2007 proporsi paling tinggi ibu hamil resiko KEK menurut usia sebanyak 37,9% berada pada usia kurang dari 20 tahun.(16) Di negara berkembang 26% remaja putri yakni yang berada pada rentang usia 12-21 tahun mengalami anemia.(11)
2.    Kondisi Kesehatan
Ketika seseorang sakit, maka metabolisme tubuhnya akan bekerja lebih berat, maka energi yang dibutuhkan menjadi lebih banyak. Jika ibu hamil sakit, sebelum gizi tersebut terlibat dalam perkembangan kehamilan, gizi tersebut akan digunakan sebagai energi untuk metabolisme daya tahan tubuh.(2, 11, 17)
Infeksi kronik, peradangan atau keganasan dapat menyebabkan anemia. Pendarahan kronik seperti mimisan, hemoroid, ulkus peptikum, dan penyakit kronik seperti TBC dan ginjal dapat mengakibatkan meningkatnya penghancuran sel darah merah, pembesaran limpa, kerusakan mekanik pada sel darah merah dan menekan pembentukan sel darah merah di sumsum tulang belakang. (25)
Berdasarkan Riskesdas 2007 ibu hamil yang mengalami Diare 1 bulan terakhir sebanyak 24,7% merupakan ibu hamil dengan resiko KEK, dan ibu hamil yang mengalami TBC 1 tahun terakhir sebanyak 30,8% merupakan ibu hamil dengan resiko KEK. (16)


3.    Aktifitas/Pekerjaan
Beban kerja atau aktivitas akan mempengaruhi metabolism energi di dalam tubuh. Jika ibu hamil memiliki banyak aktivitas, maka akan lebih banyak energi yang dia gunakan untuk dapat melakukan aktifitasnya.(2)
Tabel 2.2 Klasifikasi Aktifitas Harian
Ringan
Sedang
Berat
(tambahkan 10 -  20%)
(tambahkan 20 – 30%)
(tambahkan 40-50%)
Menyetir mobil
(10%)
Kerja rumah tangga
(20%)
Aerobik
(40%)
Mengajar
(20%)
Bersepeda
(30%)
Bersepeda mendaki
(40%)
Berjalan
(20%)
Bowling
(20%)
Panjat tebing
(50%)
Kerja kantoran
(10%)
Berjalan cepat
(30%)
Dansa
(40%)
Memancing
(20%)
Berkebun
(30%)
Jogging
(40%)
Membaca
(20%)
Atlit
(50%)
Sumber : Cara menghitung kebutuhan kalori harian tubuh(26)
4.    Pendapatan
Masalah Kekurangan gizi, keamanan pangan dan kemiskinan selalu berkaitan. Meskipun tersedia bahan makanan yang cukup di suatu wilayah, namun jika masih ada keluarga miskin yang kelaparan masalah gizi kemungkinan timbul. Jika tingkat pendapatan naik maka jumlah makanan yang dikonsumsi cenderung untuk membaik pula, secara tidak langsung zat gizi yang diperlukan tubuh akan terpenuhi dan akan meningkatkan status gizi (Suhardjo, 2003) (27)
Tingkat pendapatan juga menentukan pola makan apa yang dibeli dengan uang tersebut (faktor ekonomi dan kekuatan daya beli). Jika pendapatan meningkat, pembelanjaan untuk membeli makanan juga meningkat. Dengan demikian pendapatan merupakan faktor yang menentukan kualitas dan kualitas makanan yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap status gizi (Alan Berg dan Sayogya, 1986). Semakin tinggi pendapatan semakin besar porsi kalori dari sumber pangan baik dari segi protein hewani maupun dari sumber nabati pada kelompok berpendapatan tinggi (Rachman,dkk, 1980). Demikian juga sebaliknya, semakin lemah atau rendah pendapatan akan semakin jelek tingkat pemenuhan kebutuhan akan gizi.(28)
Berdasarkan konversi ILO No. 131 / 1970 pemerintah memberlakukan ketentuan pendapatan melalui Upah Minimum Regional (UMR). UMR Ciamis Pada Tahun 2012 adalah Rp.793.750,-. (29)
5.    Pengetahuan Tentang Gizi
Bagi masyarakat yang berpendidikan tinggi dan cukup pengetahuan tentang nilai gizi akan lebih banyak menggunakan pertimbangan rasional dan pengetahuan tentang nilai gizi makanan atau pertimbangan fisiologik  lebih  menonjol  dibandingkan dengan kebutuhan psikis. (2)
Tingkat pengetahuan ibu hamil dapat diperoleh dari pendidikan informal atau formal. Tingkat pengetahuan ibu hamil akan mempengaruhi perilaku gizi yang berdampak pada pola kebiasaan makanan. Tentunya semakin baik pengetahuan ibu hamil dapat membentuk perilaku gizi yang baik terutama dalam makanan dengan gizi yang seimbang dan beranekaragam.(19)
Berdasarkan penelitian sebelumnya oleh Sri Puji Lestari mengenai hubungan pengetahuan tentang gizi selama hamil dengan kejadian resiko KEK di Puskesmas Pembangunan Kab Garut, terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kejadian KEK, dimana proporsi kejadian resiko KEK pada ibu hamil berpengetahuan tidak baik (50%) lebih banyak dibandingkan dengan ibu hamil berpengetahuan baik (20%).(30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar