Minggu, 06 Januari 2013

Makanan yang perlu dihindari Ibu hamil


Makanan yang modern tidak semuanya aman untuk tubuh, justru semakin banyak bahan tambahan makanan yang berbahaya seperti zat pewarna, pengawet, dan penyedap makanan. (23) Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.
1.        Makanan yang miskin zat gizi tetapi kaya kalori seperti gula, lemak, permen, kue-kue bermentega, dank rim kental. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan obesitas dan bersifat mengenyangkan.
2.        Makanan bergaram tinggi seperti ikan asin, kornet, dan sayuran kaleng. Makanan ini dapat memicu kenaikan tekanan darah.
3.        Alcohol dan minuman bersoda dapat memicu hipertensi. Selain itu alcohol juga dapat menimbulkan kecacatan anak dalam kandungan.
4.        Kopi, kafeinnya dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu kafein bisa meningkatkan detak jantung dan pernapasan janin sehingga mengganggu perkembangannya.
5.        Makanan yang tidak diolah sempurna dan mentah seperti ikan salmon mentah (Sushi atau Sashimi), steak setengah matang, telur mentah, dan susu segar. Makanan tersebut dikhawatirkan amsih mengandung bakteri berbahaya seperti bakteri Listeria monocytogenes penyebab keguguran, bakteri E.coli yang merusak usus dan sel ginjal, dan bakteri salmonella penyebab keracunan.
Makanan yang mengandung aditif sintesis seperti MSG (penyedap rasa), pewarna, pengawet, pemberi rasa, pemanis, dan penambah aroma (aneka esen). (13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar