Minggu, 06 Januari 2013

Pengetahuan


2.1  Pengetahuan
2.1.1        Definisi Pengetahuan
Pengetahuan adalah kesan di dalam pikiran manusia sebagai hasil penggunaan pancainderanya. Pengetahuan merupakan hasil mengingat kembali kejadian yang pernah dialami baik secara sengaja maupun tidak disengaja dan ini terjadi setelah seseorang melakukan kontak atau pengamatan terhadap suatu objek tertentu. Pengetahuan yang tercakup dalam domain kognitif mempunyai enam tingkatan, (13) yaitu :
1.      Tahu (Know)
Tahu diartikan sebagai kemampuan mengingta kembal (recall) materi yang telah dipelajari, termasuk hal spesifik dari seluruh bahan atau rangsangan yang telah diterima.
2.      Memahami (comprehension)
Memahami diartikan sebagai suatu kemampuan menjelaskan secara benar mengenai objek yang diketahui dan dapat menginterpretasikannya secara luas
3.      Aplikasi (application)
Aplikasi diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan materi yang telah dipelajari pada situasi atau kondisi nyata.
4.      Analisis (analysis)
Analisis adalah kemampuan untuk menjabarkan materi atau suatu objek ke dalam komponen-komponen yang masih saling terkait dan masih di dalam suatu struktur organisasi tersebut.
5.      Sintetis (synthesis)
Sintetis diartikan sebagai kemampuan untuk meletakan atau menghubungkan bagian-bagian ke dalam suatu bentuk keseluruhan yang baru.
6.      Evaluasi (Evaluation)
Evaluasi ini berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan justifikasi atau penilaian terhadap suatu materi atau objek
2.1.2        Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan
Terdapat tujuh faktor yang mempengaruhi pengetahuan seseorang.(13)
1.      Pendidikan
Pendidikan berarti bimbingan seseorang kepada orang lain agar dapat memahami suatu hal.
2.      Pekerjaan
Lingkungan pekerjaan dapat membuat seseorang memperoleh pengetahuan dan pengalaman.
3.      Umur
Dengan bertambahnya umur seseorang akan mengalami perubahan aspek fisik dan psikologis.
4.      Minat
Minat sebagai suatu kecenderungan atau keinginan yang tinggi terhadap sesuatu.
5.      Pengalaman
Pengalaman adalah suatu kejadian yang pernah dialami seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
6.      Kebudayaan
Sosial budaya mempunyai pengaruh pada pengetahuan seseorang. Kebudayan lingkungan tempat kita hidup dan dibesarkan mempunyai pengaruh besar dalam proses belajar dan pembentukan sikap kita. 
7.      Informasi
Menurut Wied Harry A. (1996) informasi akan memberikan pengaruh pada pengetahuan seseorang. Kemudahan mendapatkan suatu informasi akan mempercepat seseorang memperoleh pengetahuan baru.


2.1.3        Pengukuran Pengetahuan
Pengukuran pengetahuan dapat dilakukan dengan wawancara atau angket yang menanyakan tentang isi materi yang ingin diukur dari subjek penelitian atau responden. Reaksi dari stimulus tersebut dapat berupa pernyataan lisan atau tulisan. (13)
Pertanyaan dapat dikelompokan menjadi dua jenis yaitu pertanyaan subjektif misalnya jenis pertanyaan essay dan pertanyaan objektif misalnya jenis pertanyaan pilihan ganda, betul atau salah dan pertanyaan yang menjodohkan. (12)
Pertanyaan essay bersifat subjektif karena penilaian untuk pertanyaan itu melibatkan faktor subjektif dari penilai, sehingga penilaiannya akan berbeda dari seorang penilai dengan yang lainnya dari satu waktu ke waktu lainnya.
Pertanyaan pilihan ganda, betul salah dan pertanyaan menjodohkan disebut pertanyaan objektif karena pertanyaan tersebut dapat dinilai secara pasti oleh penilai tanpa melibatkan faktor subjektifitas. Pertanyaan jenis ini lebih banyak digunakan untuk dijadikan sebagai alat ukur pengetahuan karena lebih mudah disesuaikan dengan pengetahuan yang akan diukur dan lebihi cepat dinilai.(12)
Hasil pengukuran dapat diketahui dengan skala Guttman yang bersifat tegas dan memberikan jawaban yang tegas dan pertanyaan yang dinyatakan hasilnya sebagai berikut(14) :
a.       Setiap jawaban yang benar nilainya 1
b.      Setiap jawaban yang salan nilainya 0
c.       Kategori baik apabila score jawaban responden yang didapat > mean
d.      Kategori tidak baik apabila skor jawaban responden < mean.
Selain menggunakan skala Guttman, hasil pengetahuan dapat diketahui berdasarkan criteria standar absolute sebagai berikut(14):
a.       Baik apabila 76-100% pertanyaan dijawab benar oleh responden
b.      Cukup apabila 60-75% pertanyaan dijawab benar oleh responden
c.       Kurang apabila < 60% pertanyaan dijawab benar oleh responden

Daftar Pustaka
(12) Notoatmodjo S. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Jakarta: Rineka Cipta
(13) Mubarak, Wahit Iqbal. 2011. Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika
(14) Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar