Minggu, 06 Januari 2013

Keadaan Gizi Selama Hamil


Gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya yaitu, menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan.(1)
Keadaan gizi adalah keadaan akibat dari keseimbangan antara konsumsi dan penyerapan zat gizi dan penggunaan zat-zat gizi tersebut, atau keadaan fisiologik akibat dari tersedianya zat gizi dalam seluler tubuh.(8)
Tingkat keadaan gizi terbagi menjadi keadaan gizi optimum atau baik, keadaan gizi kurang dan keadaan gizi lebih. Tingkat keadaan gizi optimum yakni pada kondisi ini tubuh terbebas dari penyakit dan mempunyai daya kerja serta efesiensi optimal, juga mempunyai daya tahan yang setinggi-tingginya.(9)
Tingkat keadaan gizi sebagai hasil konsumsi berlebih adalah keadaan gizi lebih (overnutritional state). Pada tingkat ini, tubuh mempunyai tingkat kesehatan lebih rendah, meskipun berat badan lebih tinggi dari berat badan ideal, atau disebut overweight.(9)
Konsumsi zat gizi yang kurang baik kualitas dan kuantitasnya akan memberikan masalah kesehatan gizi kurang. Tingkat konsumsi ini, menyebabkan tubuh mempunyai tingkat kesehatan di bawah orang sehat. Akibatnya terjadi gejala-gejala penyakit defisiensi gizi. Berat badan lebih rendah dari berat badan ideal dan penyediaan zat-zat gizi bagi jaringan tidak mencukupi sehingga fungsi jaringan terhambat.(9)
Angka Kecukupan Gizi (AKG) bagi ibu hamil bertambah seiring dengan perubahan yang menyertainya. Ketidakmampuan ibu hamil memenuhi kebutuhan gizinya berdampak pada keadaan kehamilan dan bayi yang akan dilahirkan.(13)
Kebutuhan nutrisi pada ibu hamil mutlak harus dipenuhi. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan anemia, abortus, IUGR, inersia uteri, perdarahan paca-persalinan, sepsis puerperalis dan lain-lain. Sedangkan kelebihan makanan karena beranggapan pemenuhan makan untuk dua orang akan berakibat kegemukan atau obesitas, preeklamsia, janin terlalu besar dan sebagainya.(7)

Daftar Pustaka:
(1) Almatsier, Sunita. 2002. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
(7) Sulistyawati, Ari. 2007. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika.
(8) Supariasa I Dewa Nyoman, dkk. 2012. Penilaian Status Gizi Edisi Revisi. Jakarta: EGC.
(9) Masudi, S.P.I. 2012. Keadaan Gizi Mempengaruhi kesehatan. [Diakses pada tanggal 14 Oktober 2012]; Available from: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/2269191-keadaan-gizi-mempengaruhi-kesehatan/
(13) Khomsan, Ali dan Budi Sutomo. 2009. Buku Pintar Menu Ibu Hamil. Jakarta: Pustaka Bunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar